Mengenal Konsep Hotel Syariah di Indonesia

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia, wajar jika sektor pariwisata Indonesia akhirnya melirik pangsa pasar wisatawan muslim dengan menyediakan fasilitas yang sesuai dengan hukum dan syariat Islam. Salah satunya adalah dengan makin maraknya hotel syariah di Indonesia.

Apa itu hotel syariah?

Secara singkat, hotel syariah adalah hotel yang dalam operasionalnya mengikuti prinsip-prinsip ajaran Islam.

Kehadiran hotel berkonsep syariah ini mengurangi image masyarakat bahwa hotel identik dengan tempat maksiat. Dengan konsep syariah, peraturan-peraturan yang dijadikan acuan untuk menjalankan operasional hotel adalah hukum syariah Islam sehingga tidak ada ruang untuk praktik maksiat atau yang bertentangan dengan hukum syariah Islam.

Bagaimana sebuah hotel bisa dikatakan sebagai hotel syariah?

Berikut hal-hal yang harus dipenuhi oleh hotel secara umum:

  • Wajib menyediakan fasilitas mushola atau mesjid
  • Wajib mengumandangkan azan disetiap sudut atau lantai di setiap waktu-waktu sholat
  • Mencantumkan di dalam anggaran dasar/rumah tangga hotel sebagai Hotel Syariah.
  • Tidak mengizinkan pertemuan di kamar antara tamu yang bukan muhrim dengan tamu yang menginap. Alternatifnya, pertemuan bisa dilakukan di area umum seperti lobby atau di luar hotel.
  • Tidak menyediakan minuman ataupun makanan beralkohol
  • Tidak mengizinkan hotel sebagai sarana penggunaan obat-obat terlarang
  • Untuk urusan perbankan, Hotel Syariah harus memiliki rekening sesuai dengan syariah sebagai contoh dengan menggunakan Bank Syariah
  • Tidak menempatkan ornamen/hiasan ataupun lukisan dari mahkluk bernyawa, di area luar dan dalam Hotel.
  • Memiliki sertifikat Halal dari MUI ( Majelis Ulama Indonesia ).

Dalam penerapannya, hotel syariah melarang saat laki-laki dan perempuan akan check in dalam kamar hotel yang sama, mereka harus membuktikan status suami-istri dengan menunjukkan buku nikah.

Di setiap hotel syariah, kita juga akan menemukan tersedianya air yang cukup untuk bersuci di setiap rest room atau kamar kecil, baik untuk buang air kecil maupun besar bahkan mandi. Hal ini kadang jarang ditemui di hotel konvensional.

Seiring berkembangnya zaman, bisnis hotel syariah di Indonesia diperkirakan akan terus mengalami pertumbuhan. Semakin banyak wisatawan muslim yang ingin melakukan perjalanan dengan nyaman sesuai dengan ajaran Islam. Hotel syariah dinilai memberikan keamanan, kenyamanan dan ketenteraman bagi para wisatawan muslim, didukung dengan berbagai fasilitas hotel yang tidak kalah dengan hotel konvensional. Pengembangan hotel syariah juga berperan penting dalam membersihkan citra buruk perhotelan di Indonesia.

Featured image: Sofyan Hotel Cut Meutia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *